Wednesday 1 July 2009

ATI Menjadi Yang Pertama Dengan DirectX 11



ATI mendemonstrasikan hardware beta pertama dengan DirectX 11 dan diputuskan bahwa generasi DirectX 11 ini dinamakan Evergreen. Kartu pertama ini didemokan pada bulan Juni lalu di Computex, Taiwan.



DX 11 sendiri akan dirilis sebelum awal tahun depan, sehingga belum banyak detail yang terungkap.

Dalam demo tersebut, AMD memperlihatkan sejumlah contoh aplikasi yang bekerja lebih cepat dan juga beberapa fitur game baru yang memanfaatkan prosesor grafis DX 11 pertama. Beberapa fitur DirectX 11 adalah tesselation, yang akan mengantarkan game berkinerja superior dengan kualitas lebih tinggi. Lainnya adalah computer shader, yang membantu Windows 7 berjalan lebih cepat di sejumlah aplikasi dan dalam cara yang benar-benar transparan bagi penggunanya. Konversi video untuk playback pada media player portabel, misalnya, bisa dilakukan secara drag and drop.

Dalam kasus ini, Nvidia tidak mempunyai sesuatu yang baru untuk dipamerkan, bahkan sampai akhir tahun ini. Nvidia mungkin masih memiliki GT300 yang berbasis DirectX 11 tetapi kemungkinan akan datang pada akhir 2009. GT300 mungkin juga diluncurkan awal 2010 seperti banyak sumber yang mengatakan dan banyak yang percaya Nvidia tidak akan segera mungkin meluncurkan kartu grafis ini.

Nvidia memang kalah dari ATI soal mengadopsi teknologi terbaru, tetapi penjualan Nvidia jauh lebih bagus daripada ATI. Sekedar memberitahu bahwa ATI adalah vendor pertama yang mengeluarkan kartu grafis dengan teknologi 55nm, 40nm, DirectX 10.1 dan sekarang DirectX 11. Bagaimanapun Nvidia tetapi menjual kartu grafis paling banyak dibanding ATI.



Sumber :
http://www.komputerterkini.com
http://ajidvanzeta.wordpress.com

No comments:

Post a Comment